Menggunakan Input Mouse dan Input Keyboard pada Unity

Input Mouse Dan Input Keyboard Unity

Contoh penggunaan fungsi Input Mouse pada Unity
Contoh Input Mouse


Pada postingan ini saya akan menyampaikan materi penggunaan Input Mouse dan Input Keyboard pada Unity, materi ini saya pelajari pada mata kuliah Pemrograman Permainan yang diajarkan Pak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti di Universitas Budi Luhur.

Baiklah kita mulai ke pembahasan.
Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.
Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player, silahkan perhatikan contoh program.

  • Input Mouse
    Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya).
    Buat script C# kemudian beri nama InputMouse.cs.



    Berikut Script InputMouse.cs




    Jalankan Game
    Drag and drop script InputMouse.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
    Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik.
    Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tampil jumlah scroll.




  • Input Keyboard
    Selanjutnya saya akan membahas InputKeyboard. Langkahnya buat script C# baru kemudian beri nama InputKeyboard.cs



    Berikut Scriptnya:



     

    Jalankan Game

    Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
    Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game.



    Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.





  • Input Manager
    Keempat fungsi deteksi keyboard yang sudah dibahas di atas seharusnya tidak sulit untuk dipahami karena bentuknya sudah sangat jelas. Pertanyaan mungkin baru muncul pada Parameter “Fire1”.  “Kenapa efeknya bisa muncul pada saat menekan klik kiri mouse atau tombol kiri Ctrl? padahal kita tidak pernah mendefinisikan itu sebelumnya?”. Hal ini disebabkan Unity memiliki beberapa parameter standar yang bisa digunakan untuk membantu proses deteksi input.
    Parameter standar Unity yang berhubungan dengan input dengan cara klik menu Edit -> Project Settings -> Input.


    Pada panel Input Manager inilah bisa didapatkan informasi tentang berbagai input standar yang telah dikenali oleh Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita sendiri bila diperlukan.


  • Pembahasan Code InputMouse.cs

    Baris 17: mendeteksi penekanan tombol mouse yang ke-0 yaitu tombol mouse kiri. Parameter yang dituliskan berupa parameter tidak langsung yang berasal dari enumerasi KeyCode.



    Baris 19: mendeteksi penekanan tombol mouse yang ke-1 yaitu tombol mouse kanan. Parameter yang digunakan berupa parameter langsung yang merupakan indeks dalam numerik (0,1,2 dst).



    Baris 23: mendeteksi posisi kursor mouse di layar dalam koordinat 2 dimensi (x,y). Koordinat Z meski dimunculkan tapi sebenarnya tidak dipakai. Tampilan ini muncul karena tipe dasar mousePosition adalah Vector3.




    Baris 25: mendeteksi scroll pada mouse. Nilai positif (+) berarti scroll maju, dan nilai negatif (-) adalah sebaliknya.


  • Pembahasan Code InputKeyboard.cs

    Baris 7: deklarasi variabel lokal
    Baris 8: deklarasi variabel untuk ditampilkan di inspector.
    Tipe variabel berupa KeyCode yang merupakan kumpulan tombol yang berada di keyboard.



    Baris 12: mendeteksi penekanan keyboard saat ditekan dengan karakter “a/A”. Parameter yang dituliskan berupa parameter karakter langsung dengan tanda kutip ganda.



    Baris 15: mendeteksi penekanan keyboard saat ditekan dengan karakter “b/B”. Parameter yang dituliskan berupa parameter tidak langsung yang berasal dari enumerasi KeyCode.



    Baris 18: mendeteksi tombol keyboard yang dilepas. Karakter yang dideteksi didefinisikan pada pilihan user di Inspector.


    Baris 21: mendeteksi tombol keyboard apapun yang ditekan saat game berjalan.



    Baris 26: mendeteksi input khusus yang sudah didefinisikan pada InputManager yang sudah dibahas diatas.

Sekian Pembahasan menggunakan Input Mouse dan Input Keyboard pada Unity, semoga cukup jelas dan bermanfaat. Terimakasih sudah berkenan membaca.
Kunjungi situs kampus saya disini.

Comments

Popular Posts