Interaksi Object Pada Unity 3D



Membuat 3D Object Cube Pada Unity




Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai Interaksi Object dan membuat 3D Object pada Unity, yang diajarkan dosen saya Pak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti di Universitas Budi Luhur.

Game Object biasa digunakan untuk mendeklarasikan objek yang ada di dalam game ke dalam script program. Alasan pendeklarasian adalah karena objek akan diedit atau disetting lewat script tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah script untuk berinteraksi dengan GameObject, diantaranya:
  • Pasang script langsung pada object.
  • Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.

Sekarang mari kita buat project baru di Unity atau cukup menggunakan scene baru saja (jika masih ingin menggunakan project dari materi postingan sebelumnya).

Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube. Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya:


Drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y







Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas.




Lakukan hal yang sama sehingga terdapat 4 buah kubus yang saling berdampingan dengan nama berbeda. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggandakan object adalah dengan duplikasi object (Ctrl+D), atau dengan klik kanan pada Cube di Hierarchy dan pilih Duplicate.




Atur posisi masing-masing cube sehingga terlihat berbaris seperti gambar di bawah ini. Caranya bisa dengan mengatur koordinat pada Transform (Inspector) atau drag menggunakan gizmo.



Lalu Selanjutnya Tambahkan satu Tag baru dengan cara klik salah satu GameObject (manapun), lalu pada tab Inspector klik Tag dan pilih Add Tag…
Klik tombol (+) dan masukkan Tag baru “Kotak1”.





Kemudian pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti Tag-nya (pada Inspector) menjadi Kotak1 seperti gambar dibawah. Kita akan menggunakan ini pada script nanti.

 


Berikutnya ubah proyeksi MainCamera (pada Inspector) menjadi Orthographic dan size isi menjadi 2.



Penjelasan Perspective dan Orthographic:
Perspective : ini sama seperti dalam kehidupan kita, misalnya kamera atau mata kita yang melihat alam ini, arah pandang kamera menyebar, sehingga semakin jauh benda terlihat semakin mengecil. Lihat kubus saat proyeksi kamera perspective mengecil bukan?
Orthographic : ini sama seperti gambar blueprint, sketsa gambar arsitektur (yang bukan 3D), scanner, dll. arah pandang kamera lurus dan paralel, sehingga semakin jauh benda tetap terlihat sama seperti yang dekat. Lihat kubus saat proyeksi kamera orthographic baik dekat maupun jauh ukurannya sama bukan?



Lanjut lagi ke langkah selanjutnya, buat script C# baru dan beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikut:




Pembahasan Code ScriptKubus.cs
Baris 7: berisi 4 variabel boolean yang akan mengatur baris mana saja yang akan aktif pada fungsi Update().


Baris 12: baris ini akan memutarkan kubus yang dipasangi script. Misalnya, script ini dipasang di Kubus1, maka Kubus1 yang akan berputar, jika script dipasang pada Kubus2, maka Kubus2 akan berputar


Baris 13: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki nama tertentu menggunakan fungsi Find().



Baris 14: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki tag tertentu menggunakan fungsi FindGameObjectWithTag().




Baris 15: baris ini akan memutarkan sebuah instansiasi GameObject yang didaftarkan oleh user berdasarkan input dari GameObject tertentu yaitu melalui parameter Pilih Objek.



Mulai Jalankan Game
  • Langkahnya pertama-tama Pasang script tersebut pada Kubus1 dan centang pilihan Cube 1.
  • Jalankan game dan perhatikan kubus mana saja yang berputar.
  • Selanjutnya ketik “Kubus2” pada parameter Pilih Kubus dan centang Cube 2. Perhatikan kembali kubus mana saja yang berputar.
  • Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Cube 3. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.
  • Terakhir klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Cube 4. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.

Hasilnya:






Sekian pembahasan saya kali ini, semoga cukup jelas dan bermanfaat.
Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kampus saya, bisa berkunjung kemari.
Terimakasih atas perhatiannya.



Comments

Popular Posts