Fungsi Array, Class dan Looping
Array, Class, Looping Function dengan Unity 3D
![]() |
| Fungsi Looping |
Kali ini saya akan membahas tentang membuat program unity Array, class, dan looping. materi ini saya pelajari pada mata kuliah Pemrograman Permainan yang diajarkan Pak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti di Universitas Budi Luhur.
- Langkah pertama adalah membuat Project Baru, atau juga bisa menggunakan project yangsudah ada dan tinggal membuat scene baru dan folder Script, supaya script yang akan dibuat dikumpulkan menjadi satu dalam folder script.
- Lalu buat Script C# baru pada folder Script bernama BelajarArray
- Selanjutnya Jalankan Game dengan Drag and drop script BelajarArray.cs ke GameObject
MainCamera di jendela Hierarchy.Jika tidak ada kesalahan, maka buka Inspector MainCamera, lalu isi Size pada ArrayAngka, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan bilangan bulat.Lalu isi Size pada ArrayTeks, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan teks.Setelah itu jalankan game dan perhatikan hasilnya.
- Pembahasan Script BelajarArray.cs
Baris 7: jenis
tipe data array integer
Baris 8: jenis
tipe data array string
Baris 15 s.d 17:
melakukan perulangan sebanyak jumlah total array (.Length) integer dan
memasukkan isinya yang bertipe integer dalam variabel teks1.
Baris 19 s.d 20:
melakukan perulangan sebanyak jumlah total array (.Length) string dan
memasukkan isinya yang bertipe integer dalam variabel teks2.
Baris 26 dan 27: mencetak hasil dari input player (melalui inspector sebelum game dijalankan).
Buat Script C# ArrayClass

Perhatikan jendela Inspector Main Camera, jika tidak ada kesalahan maka akan ada 2 buah Script yaitu BelajarArray dan ArrayClass. Kita bisa saja menjalankan keduanya, untuk kasus kali ini, kita hanya akan menjalankan ArrayClass.cs, maka dari itu silahkan uncheck Script BelajarArray.
Berikutnya isi bilangan pada parameter Size pada ArrayClass,
misalnya “3”, maka akan ada 3 element yang harus diisi, masing-masing element
akan ada ID dan Isi yang harus di-input. Silahkan di-input dan jalankan Game,
lalu perhatikan hasilnya.
Baris 19 s.d 21: melakukan perulangan sebanyak jumlah total
array (.Length) class dan memasukkan isinya yang bertipe integer dan string ke
dalam variabel teks.
Drag and drop
script FungsiLooping.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Lalu uncheck script BelajarArray dan ArrayClass pada Inspector MainCamera, dan
pastikan script FungsiLooping masih checklist.
- JalankanGame
Hitung Mundur:

Program
dijalankan di detik ke 20:

- Pembahasan Script FungsiLooping.cs
Baris 17: perintah pemanggilan fungsi HitungMundur() yang berada di baris 46, dimulai sejak detik ke-1 lalu diulangi per 1 detik.
Fungsi HitungMundur() berisi perintah pengurangan sederhana yang dikombinasikan dengan InvokeRepeating() menjadi sebuah countdown (hitung mundur).
Baris 21: perintah dalam fungsi Update() akan diulangi setiap frame sesuai dengan frame rate, bisa jadi di setiap komputer mengalami perbedaan, bisa lambat bisa cepat tergantung objek yang di-load, kartu grafik pada komputer, dan lain lain.
Baris 27: perintah dalam fungsi FixedUpdate() akan diulangi setiap frame, hanya saja interval pengulangannya akan diusahakan tetap oleh sistem.
Baris 50: perintah memanggil fungsi NoLooping() yang berada pada baris 41, dipanggil pada detik ke-10 dan tidak diulang.
Baris 51: perintah untuk mematikan fungsi InvokeRepeating HitungMundur() yang dipanggil di baris 17 untuk berhenti bekerja.
Sekian pembahasan dari saya, semoga cukup jelas dan selalu bermanfaat.
Kunjungi juga tempat saya menimba ilmu, cek dimari













Comments
Post a Comment